PEMBUKUAN USAHA TANI PADI DI DESA LEUHAN KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT

Authors

  • Bagio Universitas Teuku Umar
  • Teuku Athaillah Universitas Teuku Umar

DOI:

https://doi.org/10.46306/jabb.v1i1.13

Keywords:

Pembukuan, Petani, Usaha tani

Abstract

Petani dalam usaha taninya tidak hanya berkepentingan dalam peningkatan produksinya, tetapi dapat meningkatkan pendapatan yang pada akhirnya juga meningkatkan keuntungan bagi petani padi sawah. Tujuan dalam usaha tani yaitu bagaimana petani dapat memperbesar hasil dalam hal ini memperoleh keuntungan sehingga kehidupan seluruh keluarganya menjadi lebih baik. Untuk mencapai tujuan ini petani selalu memperhitungkan untung ruginya walaupun tidak secara tertulis. Sebagian besar petani yang ada di Desa Leuhan belum mencatat secara rinci biaya-biaya apa saja yang telah dikeluarkan untuk usaha tani Padi, mulai dari pembersihan lahan, penanaman, pemeliharan, panen, dan pasca panen. Petani hanya mengetahui hasil penjualan akhir berupa gabah tanpa mencacat berapa biaya yang habis dikeluarkan selama berusaha tani.  Sehingga belum diketahui pasti, pada akhir usaha tani padi sebenarnya petani mendapat keuntungan atau malah mengalami kerugian. Maka dari itu, perlu sekali yang namanya pembukuan usaha tani, sehingga petani dapat mengetahui seberapa besar perolehan pendapatan dari usaha tani padi tersebut. Sasaran peserta dari kegiatan pengabdian ini adalah kelompok petani usaha tani Padi dan masyarakat di Desa Leuhan, Kecamatan Johan pahlawan, Kabupaten Aceh Barat. Kegiatan ini dilakukan dengan metode pelatihan berupa pemaparan materi mengenai pembukuan usaha tani padi secara sederhana. Respon kelompok tani dalam pengabdian kepada masyarakat cukup baik dan kelompok tani antusias dalam menerima materi yang diberikan. Pembuatan pembukuan usaha tani padi telah disosialisasikan dengan baik kepada masyarakat khususnya petani padi. Tingkat pengetahuan dan pemahaman pembukuan usaha tani diserap dengan baik oleh para petani padi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BPS. 2019. Aceh Barat Dalam Angka 2019.

Mariyono, J. dan Rachmansyah, Y., 2010. Dampak Sekolah Lapangan Pengendalian Hama Terpadu Pada Produksi Kedelai Di Jawa Timur: Analisis Ekonomi. Dinamika Sosial Ekonomi, 6 (2): 129-144

Putri M. G Ketty, I Nyoman Sirma, Lika Bernadina. 2020. Manajemen Usaha tani Terung Ungu Di Kelurahan Tuatuka Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang. Jurnal EXCELLENTIA Volume IX No 1 hal 50-57.

Ratnasari, Dian. 2017. Analisis Hubungan Manajemen Usaha tani Padi Sawah Dengan Tingkat Keberhasilan Gapoktan Serumpun (Studi Kasus Gapktan Serumpun Kota Gorontalo). AGRINESIA. Vol 2 no.1, November 2017.

Teuku Fadhla. 2017. Analisis Manajemen Usaha Tani dalam Meningkatkan Pendapatan dan Produksi Padi Sawah di Kecamatan Tangan-Tangan Kab. Aceh Barat Daya. JURNAL VISIONER & STRATEGIS Volume 6, Nomor 2.

Published

2020-07-27

How to Cite

Bagio, & Teuku Athaillah. (2020). PEMBUKUAN USAHA TANI PADI DI DESA LEUHAN KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 1(1), 80-86. https://doi.org/10.46306/jabb.v1i1.13