PENGENALAN STRATEGI AVP BAGI PELAKU USAHA MIKRO PADA KOMUNITAS PEMUDA DESA GELAM JAYA KABUPATEN TANGERANG

Authors

  • Sonny Santosa Universitas Buddhi Dharma
  • Rini Novianti Universitas Buddhi Dharma

DOI:

https://doi.org/10.46306/jabb.v2i1.86

Keywords:

Strategi AVP, USAHA MIKRO

Abstract

Krisis Pandemi yang dialami oleh hampir semua Negara bahkan Indonesia sekalipun telah membuat perubahan yang begitu cepat pada sendi kehidupan manusia. Perubahan inilah yang menimbulkan efek domino, baik yang bersifat positif maupun negative. efek domino inipun yang melanda cakupan bisnis perekonomian, dengan kata lain semakin cepat penyebaran virus covid-19 maka dengan kata lain akan semakin banyak pula bisnis yang terganggu sehingga bisa saja mengancam perekonomian secara global suatu Negara. Dalam ancaman global itulah, para pelaku bisnis harus terus bertahan, setidaknya berjuang untuk meningkatkan penjualan sebisa mungkin untuk dilakukan agar membuat bisnis tetap berjalan. Strategi AVP (Avaibility, Visibility, dan Promotion) dianggap sebagai dasar yang harus diketahui dan dimiliki oleh tiap pelaku usaha agar dapat mempertahankan usaha atau bisnisnya. Kegiatan pengabdian masyarakat ini ditujukan khusus kepada komunitas pemuda Gelam Jaya Kabupaten Tangerang dengan menggunakan metode daring dalam penyampaian sosialisasi ini, hasil dari pengabdian masyarakat ini menunjukkan adanya ketertarikan dari para anggota komunitas pemuda Gelam Jaya untuk menumbuh kembangkan daya upaya mempertahankan kembali agar bisnis yang mereka miliki tetap berjalan setidaknya dalam pola mempertahankan jenis usaha/bisnis yang sebelumnya mereka jalankan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Humas. (2020). Presiden: Jadikan Momentum Pandemi Sebagai Kebangkitan Baru Lakukan Lompatan Besa. Retrieved March 11, 2021, from https://setkab.go.id/ website: https://setkab.go.id/presiden-jadikan-momentum-pandemi-sebagai-kebangkitan-baru-lakukan-lompatan-besar/

Jaya, P. D. G. (2019). RPJMDES. Kab. Tangerang.

Pelaksanaan Kewajiban, P., Aribowo, I., & Usman, F. (2018). SEMBADHA 2018 Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat PERPAJAKAN BENDAHARA DESA GELAM JAYA KECAMATAN PASAR KEMIS KABUPATEN TANGERANG. In Prosiding Sembadha (Vol. 1). Retrieved from http://jurnal.stan.ac.id/index.php/sembadha/article/view/378

Roza, D., & S, L. A. (2018). Peran Badan Permusyawaratan Desa di Dalam Pembangunan Desa dan Pengawasan Keuangan Desa. PADJADJARAN Jurnal Ilmu Hukum (Journal of Law), 4(3), 606–624. https://doi.org/10.22304/pjih.v4n3.a10

SEA_Internet_Economy_Report_2019. (2019). Retrieved March 11, 2021, from https://www.blog.google/documents/47/SEA_Internet_Economy_Report_2019.pdf

Sofianto, A. (2017). Kontribusi Dana Desa terhadap Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat di Kebumen dan Pekalongan. Matra Pembaruan, 1(1), 23–32. https://doi.org/10.21787/mp.1.1.2017.23-32

Solihin, L., Setiawan, A., Teknik, F., & Pamulang Tangerang Selatan, U. (2020). ADMINISTRATION COMPETENCY IMPROVEMENT TRAINING USING OFFICE APPLICATIONS ON YOUTH ORGANIZATION RT05 RW08 GELAM JAYA-PASAR KEMIS-TANGERANG. In PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 1). Retrieved from http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/9052

Statistik, B. P. (2019). Indeks Pembangunan Manusia 2018. Retrieved March 2, 2021, from BPS website: https://www.bps.go.id/publication/2019/08/27/34432798c6ae95c6751bfbba/indeks-pembangunan-manusia-2018.html

Statistik, B. P. (2020). Indeks Pembangunan Manusia. Jakarta.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Widiana, M. E. (2010). Dasar-Dasar Pemasaran (1st ed.). Bandung: Karya Putra Darwati Bandung.

Sarlotha Yulliana Purimahua, Junus Kwelju, & Maya Laisila. (2020). Usaha Mikro dan Cara Mengatur Usaha Masyarakat di Negeri Hatu, Maluku Tengah. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 1(1), 107–118. doi:10.46306/jabb.v1i1.16

Rafa’al, M., & S. Sangadji, S. (2020). MERAWAT MODERASI BERAGAMA CERDAS BERMEDIA DI PONDOK PESANTREN HARISUL KHAIRAAT KELURAHAN OME KOTA TIDORE KEPULAUAN. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 1(2), 223–230. doi:10.46306/jabb.v1i2.34

Published

2021-07-14

How to Cite

Sonny Santosa, & Rini Novianti. (2021). PENGENALAN STRATEGI AVP BAGI PELAKU USAHA MIKRO PADA KOMUNITAS PEMUDA DESA GELAM JAYA KABUPATEN TANGERANG. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 2(1), 90-99. https://doi.org/10.46306/jabb.v2i1.86