PENINGKATAN KOMPETENSI BAHASA JEPANG SISWA MELALUI PELATIHAN JLPT

Authors

  • Dian Bayu Firmansyah Universitas Jenderal Soedirman
  • Eko Kurniawan Universitas Jenderal Soedirman
  • Ita Fitriana Universitas Jenderal Soedirman

DOI:

https://doi.org/10.46306/jabb.v2i1.83

Keywords:

JLPT N5, Japanese, High school students, bahasa Jepang, siswa SMA

Abstract

Japanese Language Proficiency Test  (JLPT) sangat berguna sebagai salah satu syarat untuk bekerja atau mengajukan beasiswa untuk studi lanjut di Jepang. Ujian JLPT yang dilaksanakan hanya dua kali dalam setahun (bulan Juli dan Desember), membutuhkan persiapan khusus agar peluang untuk lulus semakin besar. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini yaitu untuk memberikan pengetahuan dasar mengenai format ujian JLPT N5 dan melakukan pelatihan berupa drill soal-soal JLPT N5 kepada siswa SMA, yang memiliki minat untuk lanjut studi di Jepang. Untuk mencapai tujuan tersebut, diadakan kelas khusus untuk pelatihan JLPT N5 sebagai kegiatan ekstrakurikuler dengan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Hasil dari kegiatan pengabdian ini yaitu: tingkat kemampuan dan pemahaman siswa terhadap format serta soal-soal yang diujikan pada ujian JLPT semakin meningkat, terlihat dari hasil angket kuesioner yang dibagikan. Motivasi belajar siswa terhadap bahasa Jepang pun semakin meningkat, karena pilihan jenjang karir lain setelah lulus SMA menjadi terbuka lebar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bachri, A. S., Firmansyah, D. B., & Sudjianto, S. (2017). Indonesian JSL Students Beliefs and Learning Strategies in Kanji Learning. JAPANEDU: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa Jepang, 2(2), 132. https://doi.org/10.17509/japanedu.v2i2.8818

Cahyono, A. B., & Syartanti, N. I. (2017). Strategi Belajar Kelolosan Japanese Language Proficiency Test N1 (Studi Kasus Mahasiswa Sastra Jepang). Paramasastra, 4(1). https://doi.org/10.26740/parama.v4i1.1480

Elida. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar PKN Siswa Kelas IX.7 SMP 21 Kota Pekanbaru Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2 (1), 135-143.

Eva, K., Adnyani, K., Sadyana, I. W., & Hermawan, G. S. (2018). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan MojiGoiGo ! Sebagai Media Pembelajaran JLPT N4 Berbasis Flash. Prosiding Senari 6, 2018, pp. 364–371.

Firmansyah, D. B., & Rahmawati, R. S. (2018). Penggunaan Media Ajar Berbasis Multimedia dalam Pembelajaran. JAPANEDU : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Jepang. 3(1), 1–10.

Haryenti. (2018). Peningkatan Kemampuan Menyimak Pidato Dengan Metode Tanya Jawab Siswa Kelas IX.2 SMP Negeri 21 Kota Pekanbaru. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2 (1), 150-162.

Himeno, M. (1998). Koko Kara Hajimaru Nihongo Kyooiku. Japan: Hitsuji Shoboo.

Japan Foundation. (2017). Survey report on Japanese language education abroad 2015. October 2003. https://www.jpf.go.jp/e/project/japanese/survey/result/survey15.html

Nakashimi, Y., Naoko, C. (1991). Nihongo wa Oshieru. Japan.

Primawidha, W. N., Wardhaningtyas, S., & Nurhayati, S. (2015). Analisis Kesulitan Mahasiswa PBJ UNNES dalam Mengerjakan soal Chokai N3. Jurnal Chi’e, 4(1), 10–13

Published

2021-07-14

How to Cite

Dian Bayu Firmansyah, Eko Kurniawan, & Ita Fitriana. (2021). PENINGKATAN KOMPETENSI BAHASA JEPANG SISWA MELALUI PELATIHAN JLPT . Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 2(1), 80-89. https://doi.org/10.46306/jabb.v2i1.83