OPTIMALISASI PENDIDIKAN KOMANDO MARINIR MENINGKATKAN PROFESIONALISME PRAJURIT KORPS MARINIR MENDUKUNG TUGAS TNI ANGKATAN LAUT

Authors

  • Martin M S Manurung Markas Besar Angkatan Laut Sekolah Staf Dan Komando
  • Werijon Markas Besar Angkatan Laut Sekolah Staf Dan Komando
  • Roni Saputra Markas Besar Angkatan Laut Sekolah Staf Dan Komando

DOI:

https://doi.org/10.46306/jabb.v2i1.100

Keywords:

Pendidikan, Profesionalisme Prajurit, Tugas pokok TNI AL

Abstract

Pelaksanaan Pendidikan Komando (Dikko) Marinir saat ini telah mampu membentuk prajurit-prajurit Korps Marinir yang sanggup melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh satuan atas baik yang bersifat Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Akan tetapi, perubahan yang sangat cepat di bidang ilmu pengetahuan dan tehnologi menuntut adanya penyesuaian yang menyeluruh dalam penyelenggaraan pendidikan di lingkungan TNI AL untuk memperkecil gap ketertinggalan dan kemungkinan kegagalan dalam pelaksanaan tugas pokok. Perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi pada era sekarang ini telah memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap kemampuan dan daya pikir sumber daya manusia, sehingga pola penyelenggaran pendidikan yang tetap mengacu kepada pelaksanaan tugas pokok TNI di lapangan harus mampu memanfaatkan situasi tersebut sebagai kemampuan positif yang dapat dikembangkan melalui Dikko Marinir. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta perkembangan lingkungan strategis baik global, regional maupun nasional telah merubah spektrum ancaman yang semula bersifat konvensional menjadi ancaman multidimensional. Pembahasan dilakukan dengan menggunakan landasan pemikiran dihadapkan pada faktor-faktor yang mempengaruhi, dengan memperhatikan peluang dan kendala yang ada dalam rangka mencapai kondisi Pendidikan Komando Marinir yang diharapkan. Untuk mewujudkan hal ini, diperlukan rumusan kebijakan, strategi dan upaya-upaya oleh berbagai pihak yaitu Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Komandan Kodiklatal, Komandan Korps Marinir dan Gubernur AAL melalui metode Kebijakan, Standarisasi, edukasi, Sosialisasi, dan evaluasi. Apabila optimalisasi Pendidikan Komando Marinir dapat mendukung peningkatan profesionalisme prajurit Korps Marinir, maka akan mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI AL.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daft, Richard L. 2002. Manajemen Edisi Kelima Jilid Satu. Jakarta : Erlangga

Marsetio. (2013). Membangun Maritime Domain Awareness Guna Mendukung Keamanan Maritim dalam Perspektif TNI Angkatan Laut. Jurnal Pertahanan Desember 2013. 3 (3): pp. 4-6.

Peraturan Kepala Staf Angkatan Laut Nomor Perkasal/39/V/2009 tanggal 26 Mei 2009 tentang Kebijakan Dasar Pembangunan TNI AL menuju Kekuatan Pokok Minimum

(Minimum Essential Force).

Siwi.2018.Paket Instruksi, Sistem Pendidikan dan Pembinaan Karir.Jakarta: Seskoal

Sugiyono.2014. Metode Penelitian Kombinasi.Bandung: Alfabeta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2004 Tentang Tentara Nasional Indonesia Bab II Jati Diri Pasal 2. h. 3

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, Bab IV Pasal 9. h. 6

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia

Published

2021-07-14

How to Cite

Martin M S Manurung, Werijon, & Roni Saputra. (2021). OPTIMALISASI PENDIDIKAN KOMANDO MARINIR MENINGKATKAN PROFESIONALISME PRAJURIT KORPS MARINIR MENDUKUNG TUGAS TNI ANGKATAN LAUT. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 2(1), 155-170. https://doi.org/10.46306/jabb.v2i1.100